Festival Bengawan Akan Dimeriahkan 40 Perahu Hias - Suara Bojonegoro Matoh

Rabu, 21 September 2016

Festival Bengawan Akan Dimeriahkan 40 Perahu Hias

Festival Bengawan di Sungai Bengawan Solo kembali digelar tahun ini yakni  25 September 2016. Sebanyak 40 perahu hias akan ikut memeriahkan HUT ke-339 Kabupaten Bojonegoro itu.

Kepala Bidang Pengembangan Usaha dan Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro Budiyanto mengatakan sebelum pelaksanaan parade perahu hias akan diawali dengan prosesi "umbul dongo larung sesaji" (berdoa atas keberkahan dari Allah SWT) di pendopo kabupaten.

   
"Sehari sebelumnya kegiatan akan dilaksanakan bersih-bersih Bengawan Solo di lokasi TBS dengan melibatkan berbagai lapisan masyarakat termasuk pelajar dari sejumlah lembaga pendidikan," jelasnya.

Budi menambahkan, peserta perahu hias berasal dari 17 desa di sepanjang Bengawan Solo. Sesuai rencana, pemberangkatan perahu dari lokasi Bendung Gerak di Desa Padang, Kecamatan Trucuk, yang kemudian berakhir di Taman Bengawan Solo (TBS) Kelurahan Ledokwetan, Kecamatan Kota.
   
Sama seperti tahun sebelumya, Disbudpar memberikan subsidi Rp2,5 juta untuk membayar tenaga kerja juga keperluan lainnya dalam menghias perahu, tetapi pihak desa diberi keleluasaan mencari sponsor untuk menghias perahunya sesuai tema yang ditetapkan yaitu kejayaan bengawan Bojonegoro dari masa ke masa.

Ia menambahkan festival ketiga ini bertujuan untuk memeriahkan HUT kabupaten dan menambah daya tarik pariwisata baik wisatawan domestik dan juga luar daerah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar